sakitnya sang tiran!

Januari 11, 2008 at 5:45 am Tinggalkan komentar

hari-hari terakhir ini soeharto sakit lagi. katanya sih parah. paling tidak terlihat dari sederetan tokoh nasional yang membsuknya di rspp, jakarta. mulai dari mantan menteri, kaum loyalis dan penjilat hingga pejabat negera pasca lengsernya diktator orde baru itu.

soeharto sakit! tentu saja menimbulkan berbagai persepsi tersendiri dalam masyarakat indonesia. ada yang prihatin, dan menggelar doa kesembuhan. ada yang berharap sembuh, supaya bisa diadili. tapi ada yang berpikir mendingan mati saja daripada bikin masalah mulu.

soeharto memang istimewa. the smiling general yang tangannya berlumuran darah rakyat bangsa ini. baik yang dibunuh langsung, maupun yang dicuri uang dan hak-haknya lewat korupsi gila-gilaan yang dilakukannya. tapi di sisi lain, mantan penyelundup bersama bob hasan dan om liem ini dipuja-puja karena berhasil menggairahkan perekonomian nasional. bangun masjid di mana-mana. dan membiarkan eksploitasi sumber daya oleh pihak asing secara besar-besaran. mental korupsi telah berhasil dibangun soeharto bersama militer dan mesin politik orde barunya.

kini, bagai seorang mpu yang perlu diselamatkan jiwanya, soeharto mendapat fasilitas vvip dalam perawatan di usianya yang renta. sungguh kontras dan memuakkan jika menilik perlakuan ayah dari pembunuh berdarah dingin bernama tommy soeharto ini saat memperlakukan bung karno, pahlawan utama bangsa indonesia di akhir hayatnya. jangankan mendapat fasilitas kesehatan, keluarganya saja tak diperkenankan menjenguk.

yang paling memuakkan adalah demi alasan bahwa kita bukan sebagai bangsa pendendam, maka lupakanlah peristiwa itu. ciuh… sakit jiwa! mudah nian melupakan sebuah peristiwa kelam yang dilakukan secara sadar oleh manusia sadis berwajah bayi seperti soeharto kepada bung karno. soalnya adalah bukan dendam atau tidak dendam. tapi fakta hitam yang ditorehkan soeharto yang tak boleh dilupakan begitu saja karena bisa menjadi presenden. kasus korupsi dan berbagai pembunuhan yang dilakukan atas perintahnya langsung maupun tidak patut di hadapkan ke meja hijau. hukuman harus tetap dijalankan. kalau kemudian presiden atas nama penghormatan kepada “jasa-jasa” memberi pengampunan biarlah itu menjadi urusan sby.

Entry filed under: gumam. Tags: .

laptop

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Januari 2008
S S R K J S M
« Mar    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: